LOGO merdeka belajar noteks

Reflexes Posture, Balance, Stability & Attention (KPK-1)

Categories: Kinesiology
Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Tonic Labyrinthine Reflex (TLR) adalah refleks primitif pada bayi baru lahir. Biasanya, bayi menghabiskan waktu tengkurap dengan kepala dan lengan ke atas dan ke luar. Saat melakukan ini, bayi mengembangkan otot di leher, bahu, dan punggungnya. Otot-otot ini diperlukan untuk tahap perkembangan selanjutnya. Jika seorang anak memiliki TLR yang dipertahankan, mereka mungkin telah melewati tahap perkembangan ini terlalu cepat pada masa bayi dan mempertahankan TLR tersebut.

Reflek landau, aktifitas motorik dari bayi yang baru lahir di kontrol reflek primitif, ketika bayi melakukan gerakan ritmis spontan, maka reflek primitif mulai terinhibisi dan reflek postural mulai berkembang. Mulai usia 4 minggu, bayi sudah bisa mengangkat kepalanya saat berbaring tengkurap. Sekitar dua bulan, dia kemudian bisa mengangkat dadanya saat kepalanya terangkat.

Pada usia empat bulan, bayi mulai mengangkat kakinya sambil mengangkat kepala dan dadanya. Ini semua adalah tahap perkembangan untuk mengintegrasikan Refleks Landau. Sekitar usia 3 tahun, Refleks Landau harus terintegrasi penuh saat anak tengkurap dan dapat mengangkat kepalanya sambil menjaga kaki tetap di lantai. Kemampuan ini mengembangkan kerja sama dan koordinasi motorik kasar antara bagian atas dan bawah, serta sistem tubuh bagian depan dan belakang.

Spinal Galant berkembang 20 minggu setelah konsepsi dan terintegrasi antara 3-9 bulan setelah persalinan, ini penting untuk mengatur getaran tubuh di dalam vetus perkembangan sistem vestibular atau keseimbangan membantu bayi keluar dari kanal kelahiran ketika persalinan, dan bila tidak terintegrasi, Galant Spinal dapat menyebabkan kekakuan di bagian bawah tubuh dan ketegangan di kaki.

Show More

Course Content

Materi Utama

  • 1. Tonic Labyrinthine Reflex
    01:04:00
  • 2. Refleks Landau
    16:58
  • 3. Refleks Spinal Galant
    08:51